Hati-hati Simpan Data Di Harddisk

Posted On 8:04 PM by ardiankoe |

Hati-hati menyimpan data penting ke dalam komputer. Kabarnya, sejumlah data penting yang tersimpan dalam hard disk yang sudah dinonaktifkan, ternyata masih bisa diakses dan dijual bebas di pasar loak oleh perusahaan, organisasi, ataupun orang awam biasa.

Fakta mengejutkan ini didapatkan dari sebuah penelitian yang digelar oleh sebuah tim yang beranggotakan Andrew Jones, pimpinan dari Information Security Research, Glenn Dardick dari Longwood University, Craig Valli dari Edith Cowan University dan Iain Sutherland dari University of Glamorgan. Hasil penelitian tersebut dianggap mewakili betapa signifikannya level resiko dari sebuah sabotase komersial, pencurian identitas, bahkan perjanjian berbau politis.

"Penelitian ini mengungkapkan bahwa ada proporsi signifikan dari sebuah cakram yang kami uji, yang ternyata masih menyimpan sejumlah informasi penting dari sebuah organisasi atau pribadi," papar tim peneliti tersebut seperti diberitakan di Big News Network, Jumat (7/11/2008).

Dari hasil penetian ini juga terungkap sejumlah angka yang menyebutkan bahwa kesadaran pemilik hard disk untuk menghapus data-data penting mereka menurun, dari yang tahun sebelumnya yang mencapai 45 persen, kini hanya tinggal 33 persen. Menyadari betapa berbahayanya hal ini bila terus dibiarkan, tim peneliti tersebut memberikan beberapa rekomendasi seperti menyarankan langsung menghapus file penting dari indeks di hard drive, bukan sekedar hanya menghapus biasa.

Selain itu, untuk lebih menjamin rasa aman, sekumpulan peneliti itu juga menyarankan untuk menggunakan sebuah piranti lunak tertentu bernama 'digital shredding' yang diklaim bisa menawarkan proteksi data yang lebih ketat. Pasalnya, data yang dilindungi software tersebut hanya bisa diakses oleh pihak yang bersangkutan dan tertutup untuk pihak ketiga. Tim peneliti itu juga menghimbau agar pihak pemerintah, media, perniagaan, maupun akademia, untuk turut aktif membantu mengurangi salah masuknya data-data penting yang berhubungan dengan kepentingan institusi ataupun perorangan.

Sebagai informasi, penelitian ini sudah dimulai sejak tahun 2007 dan sudah pernah dipublikasikan di International Journal of Liability and Scientific Enquiry. Saat ini tim masih meyempurnakan analisis penelitian mereka dan berjanji akan segera mengumumkan hasilnya.

0 Response to 'Hati-hati Simpan Data Di Harddisk'

Post a Comment