Anti Virus Bukan Jaminan Komputer Bebas Virus

Posted On 7:31 PM by ardiankoe |

Sehebat-hebatnya program antivirus, namun keberadaanya tetap saja tak bisa menjamin komputer pengguna bakal seratus persen aman dari serangan virus, malware, dan software jahat sejenisnya.

Hal itu pun diakui oleh Symantec, produsen antivirus kenamaan yang dikenal dengan merek produknya, Norton Antivirus. Symantec baru saja merilis produk Norton Internet Security 2009 dan Norton AntiVirus 2009 di Indonesia.

"Kami memang tak bisa menjamin komputer bakal seratus persen aman dari serangan virus. Namun kami yakin antivirus bisa meminimalisir serangan tersebut secara signifikan," ujar David Hall, Regional Product Marketing Manager Symantec, saat merilis kedua produk keamanan tersebut di Hotel Novotel, Jakarta, Kamis (16/10/2008).

Serangan virus dan program jahat sejenisnya, kata David, bisa diminimalisir oleh produk keamanan yang bisa mengenali gejala tak lazim sebuah software hanya dengan membaca aktivitasnya kala berjalan di komputer. Dalam hal ini, Symantec menggunakan teknologi Sonar untuk menilai apakah program software tersebut berbahaya atau tidak.

"Baik itu virus lokal atau bukan, teknologi Sonar bisa mengenali suatu software jahat yang membahayakan dengan mempelajari aktivitas perilakunya yang cenderung memberatkan komputer pengguna," ujarnya.

Untuk terus menangkal serangan virus, Symantec mengaku telah melakukan 300 perbaikan untuk antivirus buatannya, yang kini diklaim lebih baik dari segi performa dan kecepatan. "Ini bukan klaim sepihak karena juga telah ujicoba secara independen oleh AV-Test dan PasMark," kata Effendy Ibrahim, Norton Business Lead Asia South Region.

Hasil tes kedua pihak penguji sistem keamanan independen tersebut mengklaim, instalasi Norton Internet Security 2009 jadi lebih cepat karena hanya memakan waktu 52,77 detik. Penggunaan memori kerja juga dinilai lebih kecil karena kurang dari 7 MB atau lebih tepatnya hanya 6,92 MB, sedangkan quick scan bisa selesai dalam waktu 33,74 detik.

Kedua produk yang diluncurkan secara resmi hari ini di Indonesia, dibanderol dengan harga US$ 49,95 untuk Norton Internet Security 2009 dan US$ 39,95 untuk Norton AntiVirus 2009. Lisensi produk ini hanya berlaku untuk penggunaan satu komputer saja.

source : http://www.webkecil.com/artikel-deta...ari-Virus.html

0 Response to 'Anti Virus Bukan Jaminan Komputer Bebas Virus'

Post a Comment